Selasa

Prediksi UN 2014 Lebih Sulit dibanding Tahun Sebelumnya

Posted By: Dunarpan - 07.45

Share

& Comment

Butir-butir soal ujian na­sio­nal (UN) 2014 diperkirakan bakal lebih su­lit dibandingkan dengan tahun ini. Sebab da­lam UN 2014, komposisi soal tidak hanya ber­ka­­tegori evaluatif saja. Tetapi juga disusup­kan soal berkategori prediktif yang sering di­pa­kai di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Ting­­g­i Negeri (SNMPTN).



Ketentuan baru itu merupakan bagian dari skenario mengawinkan antaran UN dengan SNMPTN. Sampai tadi malam, komposisi antara butir soal yang bersifat evaluatif dan prediktif masih digodok.

Melalui pertemuan segitiga antara Ke­men­terian Pendidikan dan Kebudayaan (Ke­mendikbud), Majelis Rektor Perguruan Ting­gi Negeri Indonesia (MRPTNI), dan Badan Standarisasi Nasional Pendi­dikan (BSNP).

Ketua MRPTNI Idrus A. Paturussi mengatakan, dalam waktu dekat ke luar komposisi pembobotan butir-butir soal UN 2014.

Pria yang juga rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu menuturkan, selama ini pengawinan antara hasil UN dengan SNMPTN berjalan setengah-setengah. “Selama ini nilai UN tidak kami lihat. Yang kami lihat itu hanya siswa pelamar SNMPTN lulus UN atau tidak,” katanya.

Menurut Idrus wajar jika pihak PTN hanya menjadikan nilai UN sebagai syarat perlu saja untuk penerimaan calon mahasiswa baru. Sebab mere­ka mendapatkan salinan pe­ngu­muman UN hasil dari peni­laian BSNP yakni H-3 pe­ngu­mu­man resmi UN. Dia menu­tur­kan waktu itu mepet jika di­pakai untuk memeringkat siswa pelamar PTN berdasar­kan nilai UN.

Nah untuk tahun ini Idrus me­­ngatakan pengawinan anta­ra nilai UN dengan SNMPTN di­­­jalankan secara penuh. “Ke­pu­­­tusan ini sesuai arahan Men­­dikbud,” paparnya.

Dengan sistem baru itu, nilai UN benar-benar memiliki bo­­bot se­bagai pertimbangan ke­­lulusan SNMPTN mulai ta­hun depan. Se­lama ini pem­bo­bo­­tan peneri­maan SNMPTN ha­­nya ber­da­sarkan nilai rapor saja.

Idrus menuturkan skena­rio pembobotan nilai UN da­lam SNMPTN dilakukan mulai dari pembuatan butir-butir soal ujian. Dia mengatakan selama ini materi soal UN se­luruhnya bersifat evaluatif. Tu­juannya adalah untuk me­nge­valuasi hasil belajar siswa selama duduk di bangku SMA.

“Tetapi untuk masuk PTN diujikan materi soal bersifat prediktif. Jadi selama ini tidak bisa nyambung antara UN dengan SNMPTN,” katanya. Supaya bisa nyambung, Idrus me­ngatakan akan menyisip­kan soal kategori prediktif dalam paket materi UN.

Dengan sistem baru itu, di­per­­kirakan materi UN tahun de­pan lebih sulit dibandingkan ta­hun ini. Sebab sejumlah soal ujian dibuat untuk tujuan me­me­­­takan kemampuan aka­de­mik siswa, apakah mampu ku­liah.

Idrus menegaskan kompo­sisi persentase antara soal ujian yang bersifat evaluatif dan prediktif sampai saat ini be­lum ditetapkan.

Idrus juga berharap tahun depan MRPTNI atau panitia SNMPTN bisa mendapatkan rekapitulasi hasil penilaian UN dari BSNP lebih cepat. “Se­hing­ga ada waktu untuk me-rangking kelulusan SNMPTN ber­dasarkan nilai rapor dan nilai UN,” tandasnya.

Pelaksanaan Ujian Nasio­nal (UN) tahun 2014 akan mu­lai dilaksanakan pada 14 April 2014. UN akan dilaksanakan usai pemilihan umum (pe­milu).

Gratis Daftar

Sementara itu, Kemen­dik­bud menegaskan SNMPTN 2014 tidak dipungut biaya, se­perti tahun 2013. Mendik­bud Mo­hammad Nuh mengatakan, pe­­me­rintah ingin mem­fasi­li­ta­si agar para lulusan SMA/SMK mu­dah melanjutkan pen­didi­kan ke jenjang lebih tinggi de­ngan membuka kesempatan sa­ma dalam proses pen­daf­ta­ran masuk PTN.

“Urusan diterima dan tidak di­terima itu ada aspek yang lain. Paling tidak kita harus mem­­buka kesempatan sama. Prin­sip kesamaan dalam ke­sem­patan yang sama harus kita pegang,” Nuh akhir pekan ke­marin.

Menurutnya, setiap tahun jumlah lulusan SMA/SMK men­capai 2 juta orang. Untuk pa­ra lulusan itu, pemerintah me­­nanggung semua pem­bia­ya­an terkait pen­daftaran PTN me­lalui jalur SNMPTN. “Kaya mis­kin semua sama. Punya ke­sempatan yang sama,” ka­tanya.

SNMPTN merupakan se­leksi non-tertulis dalam pola pe­nerimaan mahasiswa baru PTN. Seleksi dilakukan berda­sar­kan prestasi akademik sis­wa berupa nilai rapor, hasil UN dan prestasi lain.

Data-data yang diperlukan dalam pendaftaran SNMPTN dimasukkan sekolah secara online melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai Januari 2014.

PDSS merupakan basis da­ta yang berisikan rekam je­jak sekolah dan prestasi aka­demik siswa. SNMPTN 2014 akan diikuti siswa lulusan SMA/SMK dari 14 ribu sekolah selu­ruh tanah air. Mereka bersaing memperebutkan kursi di 63 PTN dengan total daya tam­pung 150 ribu.

Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan jum­lah tersebut masih akan di­tambah lagi kuota Bidikmisi se­banyak 60 ribu kursi sehing­ga total daya tampung PTN sekitar 210 ribu. Tahun 2014, SNMPTN memiliki kuota mi­ni­mal 50 % dari total kuota daya tampung setiap PTN atau program studi.

Sama seperti tahun sebe­lum­nya, SNMPTN 2014 juga mem­berikan kesempatan khu­sus kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga ku­rang mampu melalui program bidikmisi, serta calon mahasis­wa dari daerah 3T (terluar, ter­depan, tertinggal).

Sementara pada pelak­sanaan tes tulis seleksi ber­sama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), ada peram­pingan jumlah mata ujian atau tes yang berdampak pada hari pelaksanaan.

Mata ujian atau tes bidang studi dasar dan bidang studi po­tensi akademik akan disatu­kan, akibatnya ujian masuk hanya satu hari. Sementara tahun-tahun sebelumnya di­lak­sanakan dua hari.

About Dunarpan

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! www.BlogPingSite.com Pingates HyperSmash

Copyright © Dunia Artikel™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.