Rabu

Efek Akibat Tidur Berlebihan

Posted By: Dunarpan - 23.29

Share

& Comment


Cukup tidur memang sangat penting. Dengan menyukupi kebutuhan tidur, badan lebih bugar sepanjang hari. Selain itu, proses metabolisme dan perbaikan sel tubuh yang rusak dapat berjalan dengan sempurna. Tidur juga menjadi cara efektif memulihkan tubuh yang sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Waktu ideal untuk tidur malam bagi orang dewasa adalah 7-8 jam, remaja 9-10 jam, anak-anak sekolah dasar 10-11 jam, dan bayi sekitar 18 jam. Inilah waktu optimal agar tidur bisa menghasilkan manfaat bagi kesehatan.
Namun, bagaimana jika seseorang justru terlalu sering tidur? Ternyata, efek yang ditimbulkan sama bahayanya dengan orang yang kekurangan jam tidur. Dikutip dari Times of India, inilah kemungkinan penyakit yang bisa dialami orang yang berlebihan dalam tidur.
  • Diabetes. Sebuah studi menyebutkan, orang yang tidur malam lebih dari 9 jam setiap hari, 50 persen lebih tinggi untuk mengalami diabetes dibanding mereka yang tidur tujuh jam di waktu malam.
  • Obesitas. Orang yang tidur 9-10 jam setiap malam, 21 persen lebih mungkin mengalami obesitas. Jika tidur berlebihan itu dilakukan dengan rutin, obesitas bisa terjadi dalam jangka enam tahun sekali pun sudah mengatur cara makan atau berolahraga. Demikian menurut sebuah studi

    tidur nyenyak
  • Sakit jantung. Dalam studi terhadap 72 ribu wanita ditemukan, mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam berisiko 38 persen lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit jantung koroner dibanding yang tidur maksimal 8 jam.
  • Depresi yang menetap. Sama seperti orang kekurangan tidur, kelebihan juga menyebabkan depresi dalam jangka panjang.
  • Risiko kematian. Banyak studi mengatakan orang yang terbiasa tidur lebih dari 9 jam setiap malam meningkatkan risiko kematian dibanding yang tidur 7-8 jam.
  • Sakit kepala. Tidur terlalu lama memengaruhi neurotransmitter tertentu di otak, seperti serotinin. Akibatnya, seseorang yang tidur berlebihan akan mengalami sakit kepala karena tidak seimbangnya zat kimia otak.
  • Sakit punggung. Tidur berlebihan membuat punggung mengalami tekanan terlalu besar sehingga menyebabkan sakit punggung.
  • Lesu dan mengantuk. Berlebihan dalam tidur justru akan membuat badan tidak fit. Selain itu, pikiran menjadi grogi saat bangun dan menimbulkan kantung mata.

About Dunarpan

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! www.BlogPingSite.com Pingates HyperSmash

Copyright © Dunia Artikel™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.