Rabu

Peserta SNMPTN di Malang Mencapai 119.344 peserta

Posted By: Dunarpan - 03.48

Share

& Comment

Peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di tiga perguruan tinggi negeri atau PTN di Malang, Jawa Timur, mencapai 119.344 siswa.

Menurut Kabag Akademik Universitas Brawijaya (UB) Malang Agus Yuliawan Surasdiyanto, Rabu, mengatakan, persaingan jalur SNMPTN tahun ini sangat ketat, bahkan untuk bisa meraih satu kursi harus bersaing dengan 12 siswa lainnya.

"Namun demikian, peserta SNMPTN tidak perlu berkecil hati karena sesua peserta (siswa) memiliki kesempatan dan peluang yang sama. Tapi, ya itu tadi, persaingannya sangat ketat," katanya, menegaskan.

Peserta SNMPTN di Universitas Brawijaya sebanyak 71 ribu siswa, 
Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak 39.647 siswa dan universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) mencapai 8.697 siswa.

Padahal, lanjutnya, kuota mahasiswa baru dari jalur SNMPTN yang didaftarkan oleh sekolah itu hanya 10.222 calon mahasiswa baru. Untuk Universitas Brawijaya sebanyak 6.388 calon mahasiswa, UM 3.084 calon mahasiswa dan UIN Maliki hanya 750 calon mahasiswa.

Sementara bagian informasi SNMPTN Panitia Lokal Malang Yusuf Ikhwanto mengatakan, peserta SNMPTN tahun ini mengalami peningkatan cukup tajam, bahkan lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya sekitar 30 ribu peserta.

Menurut dia, tingginya jumlah peminat SNMPTN di Malang tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi siswa SMA dan juga untuk prestasi PTN yang ada di daerah itu.

Proses seleksi SNMPTN jalur undangan dimulai 9 Maret hingga 27 April dan pengumuman 28 April. Porsi dari SNMPTN undangan tersebut sebanyak 50 persen dari kuota secara keseluruhan, sedangkan 30 persen untuk jalur SNMPTN tulis serta 20 persen untuk jalur mandiri.

"Akan lebih baik jika siswa yang sudah mendaftar SNMPTN jalur undangan ini, sambil menunggu pengumuman juga tetap menyiapkan diri untuk tes yang lain, disamping menyiapkan Ujian Nasional (UN). Sebab, kalau tidak lulus UN, secara otomatis akan tereliminasi dari daftar peserta SNMPTN," tegas Yusuf.

About Dunarpan

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! www.BlogPingSite.com Pingates HyperSmash

Copyright © Dunia Artikel™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.