Sabtu

Peserta UN Bertindak Irasional, FSGI Salahkan Mendikbud

Posted By: Dunarpan - 15.15

Share

& Comment

JAKARTA - Mulai bermunculannya permasalahan dalam rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mulai menuai kritik. Salah satunya dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Perkumpulan para guru ini menilai pelaksanaan UN diwarnai kemunduran berfikir.


Sekjen FSGI Retno Listyarti mengatakan, persoalan tidak hanya pada hal teknis seperti pendistribusian soal, namun juga pada persiapan siswa dan sekolah yang mulai diwarnai aktifitas yang bersifat irasional berupa ritual-ritual bernuansa mistik. Misalnya mandi kembang, minum minuman yang dipercaya bisa meluluskan, pergi ke paranormal dan lain-lain.

"Ritual UN yang saya baca di berita, di mana berbagai hal tidak rasional dilakukan banyak pihak (selain doa-doa bersama). Ini menunjukkan bangsa ini malah mundur. Bukannya semakin cerdas, malah menjadi semakin irasional," kata Retno saat berbincang dengan jpnn.com, Sabtu (13/4).

Dia menilai cara-cara irasional ini dilakukan siswa dan sekolah tersebut karena mereka merasa tidak yakin dengan kemampuan diri dalam menghadapi UN. Akibatnya mereka lari ke cara-cara yang justru irasional.

"Ketika mereka sudah merasa tidak mampu lagi menjawab dengan akal mereka maka larilah mereka ke hal irasional, termasuk mistik. Dan saya menyalahkan Mendikbud Prof Muhammad Nuh atas semua kegilaan ini," ujar guru, yang keras mengkritik rencana pemerintah mengubah kurikulum pendidikan itu.

Nah, soal rangkaian persiapan UN yang mulai banyak permasalahan dalam pendistribusian naskah ke daerah, Retno melihatnya sebagai bentuk tidak matangnya perencanaan UN. "FSGI juga akan buka posko pengaduan UN," tambah Retno yang juga pernah meminta UN ditiadakan.

sumber : jpnn

About Dunarpan

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! www.BlogPingSite.com Pingates HyperSmash

Copyright © Dunia Artikel™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.